Rabu, 11 Februari 2015

SLIMS(Senayan Library Manegement Sytem)

Pengertian tentang SLIMS

Assalamu'alaikum Wr.Wb

  Senayan atau lengkapnya adalah Senayan Library Management System(SLIMS) adalah sofwere yang mempunyai kegunaan sebagai Website Perpustakaan . Aplikasi SLIMS di kembangkan  oleh Depertement Pendidikan Nasional Republik Indonesia menggunakan PHP,BASISDATA,MySQL, dan menggunakan Versi Gift .

    Pada tahun 2009 SLIMS memenangi INAICTA pada tahun 2009 dengan kategori Open Source.

Sejarah Singkat tentang SLIMS


    SLIMS digunakan pertama kali di Depertement Pendidikan untuk yang pertama kali.Perkembangannya di lakukan oleh CSD (Senayan Devolopers Comunity).

  Menurut HendroWicaksono tim pengembang pertama kali di kembangakan November 2006.

Perpustakaan pendididkan Nasional Jakarta tengah kebingungan karena program manegement Perpustakaan ALICE. ALICE adalah Perangkat Lunak bikinan softlink sumbangan Puat kebudayaan Inggris,Britch Counsil.

Lisensi

      Karena pertama kali dikembangkan dengan dana APBN, maka untuk menjamin agar SLiMS bisa digunakan, didistribusikan dan dimodifikasi dengan bebas oleh seluruh rakyat Indonesia, SLiMS dirilis dengan lisensi GNU General Public License versi 3.

Union Catalog Server

        Untuk memenuhi kebutuhan pembuatan katalog induk, maka sejak versi Senayan 3 Stable14, ditambahkan fitur Union Catalog Server (UCS). Katalog induk adalah katalog yang rekod katalog-nya merupakan gabungan dari dua perpustakaan atau lebih. Dengan UCS maka perpustakaan-perpustakaan bisa menggabungkan rekod katalog mereka ke dalam sebuah katalog besar yang memudahkan pemustaka dalam menemukan koleksi yang mereka butuhkan. Beberapa contoh dari katalog induk online yang sudah berjalan dengan menggunakan UCS adalah:

Semoga bermanfa'at bagi temen-temen

Wassalamu'alaikum Wr.Wb  

BLC TELKOM
SMK HASAN KAFRAWI MAYONG JEPARA

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ifa Sonia Istifarani Published @ 2016 by Ifa Sonia

Blogger Templates