Jumat, 06 Februari 2015

Membuat konten manejement dengan Mediawiki

 Assalamu'alaikum Wr.Wb
         MediaWiki adalah sebuah paket perangkat lunak wiki yang menggunakan lisensi GNU General Public License. MediaWiki merupakan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk Wikipedia dan proyek-proyek lainnya dari Yayasan Wikimedia, tetapi sekarang ini sudah digunakan secara luas.
           MediaWiki dibuat dengan menggunakan PHP dengan texvc untuk proses render simbol-simbol matematika, dan menggunakan sistem manajemen basis data relasional MySQL. Logonya menyimbolkan bagaimana bahasa markahnya menggunakan kurung siku ganda ("[[","]]") untuk menggabungkan artikel-artikel. MediaWiki mampu untuk bekerjasama dengan perangkat lunak lainnya untuk meningkatkan unjukkerja dan kemampuannya antara lain dengan memcached, sebuah sistem squid cache dan TeX sebuah math rendering. Dengan menggunakan extension dan hook system, pengguna dapat menambahkan fitur-fitur yang mereka buat untuk digunakan di MediaWiki.
MediaWiki pertama kali ditulis untuk Wikipedia oleh mahasiswa bernama Magnus Manske. Perangkat lunak ini pertama kali menggunakan UseModWiki berbasis Perl (dinamakan "Fase I" oleh komunitas Wikipedia), dan kemudian digantikan dengan PHP ("Fase II") pada 25 Januari 2002. Hari itu dikenal dalam komunitas Wikipedia sebagai "Hari Magnus Manske".
          Pada pertengahan 2002, perangkat lunak ini dikembangkan lebih lanjut menjadi "Fase III". Sejak pertengahan 2003, perangkat lunak yang tadinya tidak bernama kemudian dinamakan "MediaWiki" dan sejak itu versi-versi terbaru dirilis secara teratur.


  Saya akan membahas tentang menginstal mediawiki

1.Download dulu mediamikinya di situs resminya https://www.mediawiki.org/

2.Setelah itu pindah ke direktory /var/www/html

3.Setelah di pindah buka terminal anda dan ketikan perintah #sudo su

4.Pindah ke direktory /var/www/html
#cd /var/www/html

5.Lalu lihat file tersebut apakah ada atau tidak dengan cara #ls

6.Beri hakakses pada mediawikinya 
#chown -R www-data:www-data /var/www/html/mediaawiki

7.Buka phpmyadmin dan buat databasenya dengan nama mediawiki

8.Setelah itu buka pada browser localhost/mediawiki

9.Lalu masuk dan ikuti langkah-langkah untuk mengiinstal media wikinya





Sekian dari saya Terima kasih ...

Wassalamu'alaikum Wr.Wb






0 komentar:

Posting Komentar

 

Ifa Sonia Istifarani Published @ 2016 by Ifa Sonia

Blogger Templates