Rabu, 04 Maret 2015

PHP & MySQL

Assalamu'alaikum Wr.Wb

PHP (Hypertext Preposessor)

     Php adalah singkatan dari Hypertext Preposessor , pertama kali di buat oleh Rasmus Lerdrof pada tahun 1994 untuk membuat situs web. Pada Php terdapat tipe data Varibel dan juga Konstanta.
   Varibel adalah sutu Tipe data yang nilainya dapat berubah-ubah,sedangkan Konstanta adalah jenis tipedata yang nilainya tetap dan tidak bisa berubah- ubah. Tipedata Variable tidak di tentukan oleh pemrogammernya tetapi secara otomatis ditentukan oleh Interpreter php .
   Dalam variable terdapat 8 buah tipe data primitif yaitu: Bolean,Integer,Float,string,array,object,resource,Null.
   Sedangkan Konstanta merupakan variable yang konstan tetapi nilainya tidak bisa di unah -ubah dan tidak bisa berubah.
      Php dahulu berernama Form Interpreted (FI) yang digunakan untuk mengolah data formulir pada web.
   Rasamus merilis kode sumber tersebut dan menamakannya php/fi. Pada November 1997 dirilis php/fi 2.0 . Interpreter php sudah diimplementasi juga modul - modul extensi meningkatkan kemampuan php.
      Pada tahun 1997 Perusahaan yang bernama Zend menulis php lebih bersih,lebih baik,lebih cepat.Pada tahun 1998 meresmikan Rilis php 3.0 .Pada tahun 1999 di resmikan juga  PHP 4.0.

Kelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman Lain


Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:
  1. 'Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.'
  2. 'Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.'
  3. 'Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.'
  4. 'Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.'
  5. 'PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.'

MySQL 

MySQL adalah sebuah Perangkat Lunak sistem manajemen Basisdata MySQL (Bahasa Inggris : Database manajemen System) atau DBMS Multithread,Multi-User. 
    MySQL AB membuat MySQL tersedia layanan garatis dibawah lisensi GNU General Public Lisensi(GPL).MySQL dimiliki dan di seponsori oleh sebuah perusahaan Komersial Swedia yaitu MySQL AB. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : David Axmark,Allan Larsson,dan Michel "Monty" Widnus.
    MySQL pada awalnya diciptakan pada tahun 1979, oleh Michael "Monty" Widenius, seorang programmer komputer asal Swedia.Monty mengembangkan sistem sederhana bernama UNIREG menggunakan low-level ISAM .TcX mulai mengembangkan aplikasi berbasis web pada tahun1994. Namun UNIREG dirasa tidak cocok untuk database yang dinamis seperti Web.TcX mencari alternatif database lainnya yaitu mSQL (miniSQL) . Namun mSQL versi 1 ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mendukung indexing, sehingga performanya tidak terlalu bagus.Dengan tujuan memperbaiki performa mSQL, Monty mencoba menghubungi David Hughes (programmer yang mengembangkan mSQL).
     David Hughes, TcX (dan juga Monty) akhirnya memutuskan untuk merancang dan mengembangkan sendiri konsep sistem database baru. Pada tahun 1995 sebuah nama RDBMS baru dirilis yang di beri nama MySQL.
     
       David Axmark dari Detron HB, rekanan TcX mengusulkan agar MySQL di ‘jual’. Iajuga mengusulkan agar MySQL dikembangkan dan dirilis dengan gratis. Konsep bisnis ini sekarang dikenal dengan istilah Open Source.Pada tahun 1995 itu juga, TcX berubah nama menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Titel “AB” dibelakang MySQL, adalah singkatan dari “Aktiebolag”, istilah PT (Perseroan Terbatas) bagi perusahaan Swedia.


Memiliki Beberapa keistimewaan antara lain :
  • Portabilitas : Dapat berjalan dengan Stabil tanpa ada hambatan.
  • Perangkat Lunak Sumber Terbuka : Perangkat Lunak yang mempunyai sifat terbuka.
  • Multi-User : Dapat di gunakan oleh beberapa pengguna .
  • Performance Tunning : Memiliki kecepattan yang menakjubkan dalam menangani query .
  • Ragam Tipe Data : Memiliki ragam Tipe data atau sangat kaya dengan Tipedata
  • Perintah dan fungsi : Memiliki Oprator dan Fungsi
  • Keamanan : Memiliki Lapisan keamanan 
  • Sekalabilitas dan Pembatasan : Mampu menangani basisdata dalam sekala besar.
  • Konektifitas : Dapat melakukan koneksi dengan klaien.
  • Lokallisasi : Dapat mendeteksi pesan dengan klaien.
  • Antar muka : Memiliki Interface terhadap beberapa aplikasi.
  • Klaien dan Perpustakaan : Memiliki struktur table yang fleksible .
Bahasa Pemrogamman 
     
     API (Application Programming Interface) tersedia yang memungkinkan aplikasi-aplikasi komputer yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman untuk dapat mengakses basis data MySQL antara lain: bahasa pemrograman C, C++, C#, bahasa pemrograman Eiffel, bahasa pemrograman Smalltalk, bahasa pemrograman Java, bahasa pemrograman Lisp, Perl, PHP, bahasa pemrograman Python, Ruby, REALbasic dan Tcl.

Penggunakan
  
          MySQL sangat populer dalam aplikasi web seperti MediaWiki (perangkat lunak yang dipakai Wikipedia dan proyek-proyek sejenis) dan PHP-Nuke dan berfungsi sebagai komponen basis data dalam LAMP.

Asministration

         Untuk melakukan administrasi dalam basis data MySQL, dapat menggunakan modul yang sudah termasuk yaitu command-line (perintah: mysql dan mysqladmin).

SEKIAN Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

BLC TELKOM 
SMK HASAN KAFRAWI MAYONG JEPARA

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ifa Sonia Istifarani Published @ 2016 by Ifa Sonia

Blogger Templates